Pemerintah Bangun Kilang dengan Dua Skema - Sport,Bisnis & Industri ~ @ Neoclixs.Blogspot.Com SEO Blogger | Google Adsense | Sejuta Trik

Breaking

Post Top Ad

Jumat, 08 November 2013

Pemerintah Bangun Kilang dengan Dua Skema

Pemerintah Bangun Kilang dengan Dua Skema

TEMPO.CO, Jakarta - Pemerintah akan membangun kilang pengolahan minyak mentah berkapasitas 300 ribu barel per hari dengan dua skema pendanaan. Skema tersebut, yakni melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) dan skema kemitraan pemerintah dan swasta (KPS).

Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral, Susilo Siswouto mengatakan, pembangunan kilang dengan skenario KPS akan ditenderkan. "Nanti yang menggelar tender Kementerian Keuangan," kata Susilo saat ditemui di Kementerian Energi, Jumat, 8 November 2013.



Skema KPS atau biasa disebut privat public parternship (PPP) ini akan mendapat dukungan pemerintah untuk memperkecil risiko. Berdasarkan Peraturan Pemerintah tentang Kerja
 
Sama Pemerintah dengan Badan Usaha dalam Penyediaan Infrastruktur, dukungan dari pemerintah berupa penjaminan, insentif, dan regulasi.

Wakil Menteri Keuangan, Bambang Brodjonegoro, mengatakan kilang dengan skema KPS ini akan menunjuk Pertamina sebagai contracting agency. "Kriteria lelang nantinya akan dibicarakan antara pemerintah dan Pertamina," ujarnya.

Pemerintah sendiri hingga saat ini masih menggodok syarat-syarat dan kriteria pelaksanaan lelang tersebut. "Kami harap tahun depan sudah mulai lelang," ujarnya.

Ditemui terpisah, juru bicara Pertamina Ali Mundakir mengatakan, belum menerima penugasan resmi dari pemerintah. Namun ia membenarkan bahwa pihaknya akan menjadi pelaksana lelang proyek kilang dengan skema KPS ini.

"Kami akan melelangkan term and conditionnya, ini yang akan jadi benchmarknya," ujarnya.

Sebab, selama ini rencana pembangunan kilang terus terhambat dengan permintaan insentif dari investor dengan kemampuan fiskal pemerintah. "Nanti dengan skema ini kami tawarkan siapa yang mau, kalau memang banyak tawaran berarti memang tidak ada masalah dengan insentif pemerintah, tapi kalau tidak ada yang mendaftar, berarti memang pemerintah harus memberikan insentif yang sesuai," ujarnya.

Sementara itu mengenai kilang dengan skema APBN, Susilo melanjutkan, tetap berjalan. Pemerintah, menurut dia telah menganggarkan dana untuk studi kelayakan kilang APBN. "Biaya diperkirakan sebesar Rp 90 triliun secara multi-years," ujarnya.

Post Top Ad

Laman